Contoh surat pengunduran diri dari sekolah ini mungkin merupakan contoh surat yang akan sangat memberikan banyak manfaat untuk anda yang memang bekerja dalam lingkup sekolah sebagai guru dalam sekolah tersebut dan kini tengah berada dalam kondisi ingin mundur dari pekerjaan tersebut. Sebagai seorang guru yang bekerja memberikan ilmunya selama ini kepada banyak anak didik, maka anda tentunya harus membuat surat pengunduran diri yang sesopa-sopannya. Bila perlu surat anda tersebut nantinya dapat menjadi contoh bagi guru lainnya. Karena memang anda seorang guru yang harus memiliki setiap tindak laku yang patut ditiru oleh siapapun. Surat yang akan anda buat juga setidaknya harus sesuai dengan apa yang diajarkan kepada para murid saat pelajaran bahasa Indonesia misalnya.

Dalam contoh surat pengunduran diri ini ada banyak hal yang perlu anda perhatikan sebagai seorang guru yang akan mundur dari pekerjaannya sebagai guru dari sekolah tertentu. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah tata bahasa anda. pemilihan tata bahasa ini merupakan hal yang paling penting. Sebagai seorang guru anda harus bisa membedakan mana bahasa yang baku dan mana bahasa yang tidak baku. Mana bahasa yang baik maupun bahasa yang tidak baik untuk digunakan. Setelah anda berhasil menentukan bahasa baik untuk anda gunakan maka selanjutnya adalah aturan tata letak setiap komponen dalam surat. Seperti tata letak waktu dan tempat anda membuat surat tersebut. Termasuk juga peletakan tujuan sekolah yang dituju dalam sekolah juga harus dicantumkan di bagian atas surat sesuai dengan kaidah pembuatan surat yang benar.


Jangan sampai lupa juga untuk selalu menyebut nama dan jabatan anda di dalam sekolah tersebut. Sampaikan alasan logis anda untuk mundur dari sekolah yang anda kerja di dalamnya tersebut. Sampaikan pula rasa hormat dan terima kasih selama anda bekerja di sekolah tersebut. Serta harapan-harpan baik untuk sekolah kedepannya.