Timnas Indonesia sukses mengamankan satu tiket babak semifinal Sea Games 2017 setelah meraih kemenangan pada pertandingan lanjutan Sea Game Indonesia vs Kamboja dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan Indonesia masing – masing dicetak oleh Ezra Walian dan Febri Hariyadi. Pertarungan yang digelar di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia hari Kamis, (24/8/2017) merupakan partai pamungkas Grup B. Skuat asuhan manajer Roger Milla tersebut memang wajib meraih kemenangan atas Kamboja jika ingin lolos ke babak semifinal dikarenakan masih bertengger pada posisi tiga klasemen dengan mengumpulkan 8 angka. Sementara peringkat pertama dan kedua dihuni oleh Thailand dan Vietnam dengan koleksi poin yang sama 10. Kemenangan ini memastikan Indonesia akan berjumpa Malaysia pada babak semifinal

Jalannya pertandingan


Indonesia  langsung bermain  menekan semenjak menit pertama bergulir. Peluang pertama Indonesia didapatkan pada menit ke-6, namun sayang Septian gagal menyundul bola dengan sempurna yang membuat bola dengan mudah dikuasai oleh penjaga gawang Kamboja. Pasukan Garuda Muda terus mengurung pertahanan Kamboja namun sayang hingga berakhirnya babak pertama papan skor masih 0 – 0. Kamboja sendiri memang lebih memilih bermain bertahan sambil sesekali mengembangkan serangan balik. Sebaliknya Indonesia yang memburu kemenangan terus melakukan serangan secara sporadis mengurung pertahanan Kamboja. Namun para pemain Kamboja yang menumpuk di lini pertahanan cukup efektif untuk menghalau serangan timnas Indonesia U-22.

Indonesia langsung tampil menyerang saat peluit babak kedua dibunyikan. Kendati Kamboja hanya bermain 10 orang, namun sepertinya hal tersebut justru membuat para pemain Indonesia kurang tenang. Banyak peluang yang didapatkan berakhir sia – sia. Manajer Luis Milla pun akhirnya melakukan perubahan dengan memasukkan Ezra Walian dan menarik keluar Ricky pada menit 53. Keputusan ini cukup tepat karena pada menit ke-55 Ezra berhasil membobol gawang Kamboja memanfaatkan kemelut di depan gawang. Pada menit ke-69 Indonesia berhasil menggandakan keunggulan lewat tembakan jarak jauh Febri. Skor 2 – 0 terus bertahan sampai dengan berakhirnya pertandingan.